Pages

Jumat, 08 November 2013

XAMPP



Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang XAMPP, sehubungan dengan tugas mata kuliah Rekayasa Web. XAMPP adalah sebuah software web server apache yang didalamnya sudah tersedia database server mysql dan support php programming. XAMPP merupakan software yang mudah digunakan, gratis dan mendukung instalasi di Linux dan Windows. Keuntungan lainnya adalah cuma menginstal satu kali sudah tersedia Apache Web Server, MySQL Database Server, PHP Support (PHP 4 dan PHP 5) dan beberapa module lainnya.
XAMPP 1.8.3 untuk Windows:
  • Apache 2.4.4
  • MySQL 5.6.11
  • PHP 5.5.0
  • phpMyAdmin 4.0.4
  • FileZilla FTP Server 0.9.41
  • Tomcat 7.0.41 (with mod_proxy_ajp as connector)
  • Strawberry Perl 5.16.3.1 Portable
  • XAMPP Control Panel 3.2.1 (from hackattack142)

XAMPP 1.8.3 untuk Linux:
  • Apache 2.4.4
  • MySQL 5.6.11
  • PHP 5.5.0
  • phpMyAdmin 4.0.4
  • OpenSSL 1.0.1e

1. APACHE
Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.
Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.

2.MySQL
MySQL adalah salah satu produk atau aplikasi database yang bersifat Open Source yang disertakan dalam paket resmi Slackware. Mengapa dipilih MySQL? Salah satu faktornya adalah masalah kesederhanaannya, yang sesuai dengan salah satu prinsip utama dari distribusi Slackware. Selain sebagai aplikasi database yang sifatnya independen, MySQL juga sering digunakan oleh aplikasi lain untuk menyediakan fitur-fitur tambahan. Hal ini dimungkinkan, karena MySQL AB menyediakan API yang dapat digunakan oleh pihak eksternal.
Pada versi Slackware 12.0, versi MySQL yang disertakan adalah versi 5.0.37, sedangkan pada versi -Current sampai dengan saat penulisan artikel ini, versi MySQL yang ada sudah sampai 5.0.45. Untuk melihat perubahan yang terjadi pada setiap versinya, Anda bisa melihat pada situs resmi MySQL.

3.PHP
PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari "Personal Home Page Tools". Selanjutnya diganti menjadi FI ("Forms Interpreter"). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi "PHP: Hypertext Prepocessor" dengan singkatannya "PHP". PHP versi terbaru adalah versi ke-5. Berdasarkan survey Netcraft pada bulan Desember 1999, lebih dari sejuta site menggunakan PHP, di antaranya adalah NASA, Mitsubishi, dan RedHat.

4.OpenSSL
OpenSSL adalah suatu protokol tambahan yang digunakan untuk Secure Socket Layer. Yang maksudnya adalah mengamankan jaringan kita antara client dan server. Dengan OpenSSL ini, maka jaringan akan sulit di sniffing. Jika dalam keadan HTTP biasa (Plain TEXT), kemungkinan besar bisa terkenad MITM Attack (Man In The Middle Attack).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About